Bahaya Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Boraks. Apa Saja?

Bahaya Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Boraks. Apa Saja?

Bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks – boraks merupakan garam natrium yang banyak digunakan untuk industri kertas, gelas, pengawet kayu, serta keramik. Boraks berupa serbuk kristal putih, tidak berbau, mudah larut dalam air.

Saat ini boraks bahkan menjadi pengawet yang dicampurkan pada makanan ataupun minuman. Tentu saja akan menimbulkan penyakit yang berbahaya sebab telah diketahui bahwa boraks merupakan pengawet kayu. Makanan yang mengandung boraks yang tinggi akan menimbulkan bahaya yang lebih buruk  pada tubuh.

Bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks ternyata beragam dari yang ringan hingga parah. Kandungan boraks biasanya berawal dari sedikit demi sedikit sehingga akan terjadi penumpukan, dan akan timbul penyakit yang berbahaya.

Maka dari itu Anda harus selalu mengetahui makanan atu minuman yang akan Anda konsumsi. Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks, simak ulasan berikut ini!baca Bahaya Mengkonsumsi Hati Daging Sapi

Bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks

Di bawah ini ada beberapa bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks yang perlu Anda ketahui, sehingga Anda lebih berhati-hati. Adapun bahaya yang ditimbulkan diantaranya:

Iritasi saluran pernafasan

Mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks yang pertama yaitu terjadinya iritasi saluran pernafasan. Dengan ciri-ciri boraks yang berupa serbuk kristal putih tentu saja akan menyebabkan mudah terhirup.

Apabila serbuk boraks terhirup tentu saja akan menyebabkan gangguan pada pernafasan. Apabila boraks 5-10 gram tertelan atau terhirup oleh  anak-anak akan menyebabkan shock hingga kematian.Baca Bahaya Mengkonsumsi Jamu Pelancar Haid

Menyebabkan gangguan pada otak

Bahaya yang selanjutnya yaitu dapat menyebabkan gangguan pada otak. Boraks yang ada dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh akan menyebabkan terjadi pengendapan.

Dari pengendapan inilah yang akan membuat terganggunya gangguan pada otak. Sebab pengendapan boraks tersebuut akan menyatu dengan darah, hingga membuat gangguan pada otak.

Menyebabkan nafsu makan menurun

Nafsu makan menurun menjadi bahaya yang selanjutnya. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks tentu saja tubuh akan memproses zat tersebut. Jika zat tersebut membahayakan maka tubuh akan memberikan respon mual, sakit perut hingga diare.

Dengan demikian akan menyebabkan nafsu makan akan menurun. Untuk itu lebih berhati-hatilah saat memilih makanan yang akan dikonsumsi.

Dapat menyebabkan apatis

Bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks yang terakhir yaitu dapat menyebabkan apatis. Makan-makanan yang mengadung boraks tentu saja akan menyebabkan bahaya yang lebih parah daripada bahaya yang sebelumnya.

Sebab dengan pegendapan tersebut akan mempengaruhi sistem kerja otak. Maka seseorang akan merasakan apatis atau kurang gairahnya dalam otak sehingga  akan bersikap kurang emosi dan cenderung monoton. Baca Bahaya Mengkonsumsi Junk Food

Nah, itulah tadi beberapa bahaya mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks yang wajib Anda ketahui, sehingga Anda akn lebih berhati-hatti lagi ketika membeli makanan. Terimakasih dan semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *