Apakah Tambal Gigi Disuntik Berikut Jawaban Para Dokter

Apakah Tambal Gigi Disuntik Berikut Jawaban Para Dokter

Apakah Tambal Gigi Disuntik Berikut Jawaban Para Dokter – Banyak yang bertanya apakah ketika tambal gigi disuntik? Nah untuk mengetahui jawabannya, bacalah artikel informasi ini hingga selesai.

Menambal gigi merupakan sebuah tindakan yang akan melibatkan penambahan zat ke dalam lubang gigi. Hal tersebut dilakukan demi melindungi gigi, supaya tidak terjadi kerusakan yang lebih parah dan akhirnya harus dicabut.

Tambalan gigi akan terbagi menjadi  jenis, yaitu tambalan permanen, tambalan sementara dan tambalan tidak langsung. Tambalan permanen ini, nantinya akan bertahan selama beberapa tahun.

Tambalan yang kuat selama beberapa tahun ini bisa terbuat dari berbagai bahan seperti amalgam, kemudian emas dan keramik.

Untuk menentukan bahan tambalan nantinya dokter akan melihat dimana lokasi gigi yang akan ditambal dan masih ada beberapa faktor lainnya.

Apakah Tambal Gigi Disuntik Berikut Jawaban Para Dokter

Untuk tambalan gigi sementara, ini dilakukan sebagai pengganti dari tambalan tidak langsung atau tambalan permanen.

Ketika Anda menggunakan tambalan sementara, maka nantinya harus menemui dokter lagi untuk mengganti ke tambalan yang permanen. Apabila tidak segera diganti, maka tambalan pun menjadi retak.

Nah untuk tambalan yang tidak langsung ini akan dibuat dalam sebuah laboratorium. Ini merupakan jenis tambalan yang ditempatkan dalam katup serta memperpanjang dari katup.

Seseorang akan melakukan penambalan tidak langsung apabila keadaan gigi yang sudah parah dan tidak cukup jika diangkat seluruh strukturnya.

Kami yakin, Anda masih penasaran terhadap tambal gigi disuntik atau tidak. Jika ingin segera dapatkan informasi itu, lanjutkan bacaan Anda hingga akhir.

Namun sebelum mengetahui menambal gigi disuntik atau tidak, Anda harus mengetahui dulu keadaan yang  sebenarnya. Maksudnya, apakah gigi Anda memang harus ditambal atau tidak.

Seseorang yang harus menjalani penambalan gigi yakni, jika memiliki gigi yang berlubang, kerusakannya tidak terlalu luas dan struktur giginya masih tetap sehat. Seseorang pun harus kembali menambal gigi jika tambalannya perlu diubah.

Misalnya untuk yang masih menggunakan tambalan sementara, maka harus segera ditambal lagi agar permanen.

Kemudian seseorang memerlukan tambalan gigi jika sudah kehabisan sebagian besar struktur giginya, namun masih tersisa struktur untuk penambalan tidak langsung. Dan terakhir, seseorang harus menjalani penambalan gigi jika memang giginya terasa sakit.

Cara Kerja Dalam Penambalan Gigi

  • Untuk langkah pertama, dokter akan menilai dahulu atas kerusakan gigi yang diderita oleh seseorang. Ketika penilaian sudah selesai, maka dokter akan putuskan, apakah si pasien butuh tindakan yang lebih serius atau tidak.
  • Selanjutnya, ketika proses penambalan akan dijalankan, dokter pasti akan menambal gigi dengan disuntik. Ini dilakukan supaya si pasien bisa tetap nyaman ketika sedang melakukan penambalan, khususnya bagi pasien yang merasa cemas akan merasakan sakit.
  • Sebelum tambalannya mulai ditempatkan, semua pembusukan harus diangkat dahulu dan ini akan menggunakan bor atau instrumen elektronik. Sekarang kebanyakan akan menggunakan laser untuk meminimalkan infeksi serta pendarahan.
  • Setelah itu penambalan akan ditaruh ke dalam beberapa lapisan. Untuk mengeraskan masing-masing lapisannya, akan menggunakan curing light. Jika sudah selesai, gigi kemudian mulai dipoles.

Ketika penambalan yang Anda jalankan sudah selesai, maka sekarang Anda harus mulai menjaga gigi tambalan tersebut supaya tidak mudah retak.

Ada beberapa hal yang harusnya dihindari bagi para pemilik gigi tambalan. Sehingga Anda harus mulai mencari tahu hal tersebut sekarang juga.

Setelah membaca uraian di atas, kami harapkan Anda semua tidak merasa takut untuk melakukan penambalan.

Pasalnya dokter pasti akan menjaga kenyamanan pasiennya, dan mengusahakan agar si pasien tidak terasa sakit. Karena itulah para dokter pasti akan lakukan tambal gigi disuntik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *